Apa Itu Domino dan Bagaimana Cara Bermain?

Apa Itu Domino dan Bagaimana Cara Bermain?

Permainan domino telah ada selama ratusan tahun , yang telah disebutkan dalam dokumen dari Cina abad ke-13. Permainan ini dimainkan dengan set ubin persegi panjang atau domino. Ini akan polos atau dihiasi di satu wajah, dan di sisi lain, mereka akan memiliki dua set bintik, atau ‘pips’.

Panjang ubin biasanya dua kali lebarnya, dan mereka dibuat cukup tebal untuk berdiri di sisi mereka bagi mereka yang suka membuat pola dan menonton domino jatuh berturut-turut. Berikut adalah pembahasan mengenai apa itu domino dan cara bermain.

Berapa banyak domino dalam satu set?

Satu set, atau dek, biasanya terdiri dari 28 kartu domino. Pips pada ubin akan mewakili 21 pasang angka yang dapat dilemparkan dengan sepasang dadu standar, ditambah tujuh lainnya termasuk nol atau kosong. Set yang lebih besar dibuat, menampilkan lebih banyak pip, untuk memungkinkan lebih banyak pemain untuk ambil bagian, tetapi kami akan fokus pada domino 28-ubin standar yang ditetapkan di sini.

Bagaimana cara anda memainkan domino?

Pemain menempatkan ubin di atas meja secara bergantian, mencocokkan satu wajah domino dengan wajah terbuka yang sudah dimainkan. Tujuan domino umumnya adalah untuk mencetak poin terbanyak, dengan meletakkan ubin Anda dengan cara yang paling menguntungkan , meskipun beberapa versi dimenangkan oleh pemain pertama yang meletakkan semua ubin mereka. Permainan ini bisa sangat strategis , dan, sementara keberuntungan memainkan peran, sangat sulit untuk mengalahkan pemain yang terampil dengan konsistensi apa pun.

Apa Itu Domino dan Bagaimana Cara Bermain?

Aturan permainan domino

Domino lurus dapat dimainkan oleh dua hingga empat pemain. Ubin harus dicampur sebelum pemain dapat menarik tangan mereka. Ini dilakukan dengan proses pengocokan, di mana ubin ditempatkan menghadap ke bawah pada permukaan datar dan satu pemain memindahkannya secara acak tanpa mempertahankan kontak dengan ubin tertentu.

Para pemain kemudian menggambar satu domino masing-masing, untuk menentukan siapa yang bermain pertama. Pemain yang menggambar double tertinggi lebih dulu, atau, jika tidak ada double yang ditarik, pemain dengan domino dengan skor tertinggi.

Setiap pemain sekarang menggambar tujuh ubin, dengan pemain yang melakukan pengacakan terakhir. Jika ada ubin yang tersisa, ini tetap tertutup untuk ditarik oleh pemain yang tidak dapat meletakkan apa pun pada gilirannya. Pemain pertama mulai dengan meletakkan ubin yang mereka pilih menghadap ke atas di tengah meja.

Pemain berikutnya harus mencocokkan salah satu ujung salah satu dominonya dengan bagian ubin pertama. Dalam beberapa versi, hanya untuk domino ini, ubin diizinkan untuk digabungkan ke keempat sisi, membuat empat garis terbuka yang dapat ditambahkan domino baru.

Penilaian domino

Poin dicetak oleh pemain dalam domino lurus jika jumlah total pips pada ujung domino yang terbuka di kedua ujung garis dapat dibagi oleh lima, dalam hal ini angka tersebut dicetak. Versi lain hanya mengizinkan skor yang dapat dibagi tiga atau tidak membuat batasan. Jika seorang pemain dapat memainkan domino terakhir mereka, maka, selain poin yang seharusnya diperoleh, mereka skor total jumlah pip di ubin yang tetap di tangan masing-masing pemain.

Permainan sering dimainkan sampai satu pesaing mencapai skor preset, biasanya 250. Beberapa jenis permainan hanya memberikan kemenangan kepada pemain pertama yang memainkan semua ubin mereka. Bisa terjadi bahwa tidak ada pemain yang dapat memainkan ubin, dalam hal ini game dikatakan ‘diblokir’.

Pemenang dari permainan ini adalah pemain dengan jumlah pip terkecil di ubin mereka yang tersisa, dan mereka akan mencetak jumlah total pip yang tersisa di ubin lawan mereka. Itulah ulasan mengenai Apa Itu Domino dan Bagaimana Cara Bermain?.